Saat ini banyak sekali karena mudahnya penggunaan gadget atau aplikasi online maka banyak Orang atau perusahaan online bermunculan seiring dengan semakin
meluasnya penggunaan internet oleh masyarakat seluruh kalangan. Akan
tetapi banyak pengusaha toko online yang mengeluhkan begitu sulitnya
untuk menjual melalui internet.
Akibatnya, penjualan dari waktu ke waktu terus merosot. Dan tak sedikit
juga yang akhirnya memilih untuk tidak melanjutkan usaha toko onlinenya
dan memutuskan untuk menjual secara konvensional (offline). Tentu Anda
tidak mau mengalami hal itu kan?
Saya yakin bahwa tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya
di dunia ini. Nah.. apakah Anda mau tau bagaimana strategi penjualan secara online?
Silahkan siapkan segelas teh atau kopi, kemudian lanjutkan untuk membaca
secara perlahan, jangan terburu-buru agar inti dari setiap paragraf
bisa Anda pahami.
1. Buat Target Minimal dan Optimal
Hal pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis
adalah menetapkan target penjualan. Target penjualan ini akan menjadi
motivasi bagi Anda untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan dalam
menerapkan strategi.
Buatlah target yang diatas kemampuan Anda secara signifikan. Karena
apabila target yang Anda tentukan kecil, tentu akan berpengaruh juga
terhadap keuletan Anda dalam berbisnis.
Target ini bisa saya kategorikan menjadi dua, target minimal dan target optimal.
Target minimal adalah target penjualan yang harus dicapai agar bisnis
Anda bisa tetap hidup. Dalam menentukan target, bisa berupa nilai omset
atau berupa kuantiti penjualan. Misalnya kebutuhan operasional bisnis
Anda dalam sebulan membutuhkan biaya 5 juta. Nah, itu harus menjadi
target minimal. Jika tidak tercapai berarti bulan depan bisnis Anda
memasuki masa krisis.
Sedangkan target optimal adalah target yang melebihi target minimal.
Dalam menentukan target ini bisa juga menjadikan target minimal tadi
sebagai acuan. Target optimal harus 50% lebih besar dari target minimal.
Ini yang terpenting, mohon disimak dengan seksama.
Setelah Anda mendapatkan angka untuk kedua target tadi, langkah
selanjutnya adalah menutup angka target minimal dan fokuslah kepada
target optimal. Itu yang harus Anda perjuangkan dengan keras. Karena
jika Anda membidik target optimal secara otomatis target minimal pun
termasuk menjadi bagiannya.
Mungkin sempat terlintas di pikiran Anda seperti ini "Ah kalau begitu sudah saja, buat hanya satu target yaitu target optimal"
Jadi begini, ketika Anda mengetahui target minimal ini akan menjaga usia
bisnis Anda agar lebih panjang. Dan juga, target minimal akan menjadi
acuan penting dalam membuat target optimal seperti yang tadi dijelaskan.
Tercapai atau tidaknya target optimal, setidaknya bisnis Anda masih
bisa bernafas dan tetap sehat.
Kalau kata pak Tung Desem Waringin, bermimpilah setinggi bintang di
langit. Ketika tidak tercapai pun setidaknya Anda tidak berlumuran
lumpur.
2. Promosi Tertarget
Banyak para pelaku bisnis yang kerap melakukan kesalahan dalam promosi.
Kesalahannya yaitu tidak efektifnya aktivitas promosi karena tidak
tertarget kepada pangsa pasar.
Lantas bagaimana cara menargetkan promosi?
Kenali dulu produk Anda, coba analisis kalangan seperti apa yang banyak
membutuhkannya? Kemudian cari komunitas yang sesuai tawarkan kepada
mereka produk yang Anda jual. Komunitas ini bisa dengan mudah Anda cari
di group facebook, WA atau BBM. Bergabunglah dengan group yang sesuai dengan pangsa
pasar Anda, kemudian tawarkan kepada mereka produk yang Anda jual.
Misalnya Anda menjual Hijab atau kerudung, maka cari group facebook tentang Hijab atau pakaian muslimah . Dengan begitu peluang mereka untuk membeli produk Anda akan
lebih besar. Untuk memahami lebih dalam mengenai promosi efektif,
silahkan baca artikel sebelumnya 5 langkah promosi efektif.
3. Utamakan Pelayanan Bukan Penjualan
Inti dari bisnis pada akhirnya memang melakukan penjualan seluas-luasnya
dan sebanyak mungkin. Akan tetapi jangan sampai Anda keliru,
mengutamakan penjualan dengan mengabaikan pelayanan. Anda harus ingat
bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang mengutamakan pelayanan.
Terkadang faktor kualitas produk bukan satu-satunya alasan penentu bagi
konsumen untuk mau membeli atau menggunakan produk Anda. Pelayanan yang
ramah dan menyenangkan sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk
membeli.
Lalu bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik?
Kuncinya sangat sederhana. Keramahtamahan kita terhadap konsumen akan mengenai produk atau barang kita bisa kita jelaskan tanpa kita tutupi Jalankan prinsip melayani konsumen
sebagaimana kita ingin dilayani oleh orang lain. Sapaan personal membuat
konsumen merasa dekat dengan kita. Dan mereka pun akan cepat respect
terhadap apa yang kita tawarkan.
Dan jangan lupakan pelayanan purna jual atau sering juga disebut dengan
after sales service. mungkin kita bisa berbagi testemoni dari barang yang kita jual tadi , Bagaimana cara melakukan after sales service?
Sejauh apa manfaat dari after sales service? Silahkan Anda baca pada
artikel sebelumnya yang berjudul Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan After Sales Service.
4. Jelaskan Manfaat dan Keunggulan
Banyak para sales yang menjual produk dengan hanya menjelaskan seputar
kondisi produk secara langsung. Sebenarnya cara seperti itu tidak salah.
Akan tetapi ada hal lain yang perlu dikedepankan. Yaitu mengenai
manfaat produk yang Anda tawarkan dan keunggulannya dibanding dengan
produk dari pesaing.
Apalagi dalam jual beli online antara pembeli dan penjual tidak bertatap
muka langsung. Bahkan produk yang akan diperjualbelikan pun hanya
berupa foto dan deskripsi saja. Calon konsumen tidak bisa melihat,
menyentuh dan mencoba produk Anda sebelum membeli.
Apabila Anda sudah dapat menjelaskan manfaat dan keunggulannya, biarkan
konsumen yang menentukan apakah mereka membutuhkan atau tidak. Jika
butuh, mereka akan bertanya lebih jauh lagi mengenai cara pemesanan dan
pembayaran. Namun jika tidak, bisa jadi mereka akan menunda untuk
membeli pada saat itu dan akan menghubungi Anda ketika membutuhkan
dikemudian hari.
5. Targetkan Kepuasan
Menjual bukan semata memberikan barang kepada konsumen, lalu Anda
mendapatkan uang. Menjual harus memberikan solusi terhadap apa yang
konsumen butuhkan. Bantulah konsumen untuk membeli produk Anda, bukan
sekedar menjual. Setelah mereka membeli produk Anda, tanyakan apakah
barang tersebut sesuai dengan keinginannya atau tidak.
Jika kebutuhan mereka terpenuhi oleh produk yang Anda jual, konsumen
akan merasa puas terhadap kualitas produk. Terlebih lagi terhadap
pelayanan Anda yang membuat mereka merasa aman bertransaksi dengan Anda.
Kepuasan pelanggan sangat berharga bagi penginkatan reputasi bisnis.
Konsumen yang puas dengan sukarela akan mempromosikan produk Anda kepada
teman atau saudara mereka.
Semoga dengan artikel 5 Strategi Penjualan Toko Online ini akan
memberikan inspirasi bagi bisnis online Anda. Peningkatan usaha bukan
semata ditentukan oleh seberapa luas wawasan Anda terhadap bisnis yang
sedang dijalankan. AKan tetapi ditentukan juga oleh seberapa cepat dan
tepat strategi yang Anda gunakan. Oke, selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment